Pages

Minggu, 11 Mei 2014

Perbedaan Cerewet dan Banyak Bicara

Hari ini Minggu 11 Mei 2014, a first wall's day !!

senin kemaren sih udah bilang sama ibu, pengen kesana tapi dengan sepenuh jiwa raga ibu bilang "kalo cuma ice cream ngapain harus bejubel kagak jelas, mau berapa boks seh ? tak belino"
and great !! aku langsung mundur teratur ahaha

ngebayangin Taman Bungkul penuh manusia, pasti sumpek ! bau keringet ! pasti sampah dimana mana, belom lagi panas, terus belom lagi polusinya itu kan dipinggir jalan, asap kenalpot, debu, kyaaaaa ogah ogah sumpah gak mau kesana hiii

oke forget it !!

well, see again with my word :D
and sure, i'm miss write in here

aialah kenapa nulis pake bahasa inggris yak, aduh mata gue kram bacanya :D

sekarang gue lagi galau nih, bukan apa apa gue cuma ngantuk. iya ngantuk !
kenapa ? gue over kecapekan, gak tau nih padahal ya fisik gue gak terlalu melakukan aktifitas yang berat, tapi otak gue diperas euy! dan itu bener bener menguras energi, belon lagi kalo nyangkut ke masalah perasaan beuuh, Give Up dah ! *lah gue curhat*

betewe, kemaren sempet ngebuat riset kecil tentang "bicara" 
iyah kagak salah baca kok bicara, ngomong, ngoceh, nyampah suara ahahaha

nah dalam risetku itu aku mencabangkan bicara menjadi dua, yang pertama itu cerewet, iyah CEREWET

definisiku cerewet itu antusiasme seseorang terhadap suatu hal yang ditunjukkan dengan kata kata bisa berupa defensif posesif ato spekulatif

contoh misal kamu suka sama dunia photografi kamu pasti akan semangat untuk membicarakan hal tersebut

dan yang kedua itu banyak bicara alias banyak ngomong sepupunya banyak bacot :D

kalo banyak omong definisiku dia ga bisa memilih mana yang pantas dibicarakan dan mana yang gak pantas !

selain dengan asumsiku sendiri, yang kadang lebih sering nyeleweng gak bener, ahaha
aku memberanikan diri bertanya :D
sama bintang, mama icha, niken, sama bang adi,  terakhir sama random pin BB ahaha sabodo teuing lah mau dianggep kehabisan obat juga silahkan :D

ini jawaban bintang waktu aku tanya tentang "bicara"

kalo menurutku cerewet itu orang yang ngomengan (ngomelan), dikit dikit ngomeng.
kalo bnyak omong iku seh suka ngomong yang gak perlu. gak ada intie.

aku cuma mangut mangut dapet jawaban dari bintang

lain lagi waktu tanya mama icha,
aku bbm dia tanya " ma, beda cerewet sama banyak omong ntu apaan ?"
dijawab acuh, "beda huruf tulisan dan cara baca" hiaaakkkm ! aku bales lagi " ah mama, seriusan nih apaan, anak teka bego juga tau kalo itu"
dijawab lagi sama macha (mama icha)

"Cerewet itu apapun di omongin.
Kalo banyak ngomong, suka ngomong tapi cuma yang berbobot dan masuk akal aja, yang bisa di buat bahan debat"
aku nyengir bales bbm kilat " makasiiiihh mama"

waktu aku nanya ke niken, eh dijawab sambil ngakak

"Cerewet iku ada alasan.
banyak omong itu Ngomong sendiri gak jelas, ga bermanfaat" masih tetep ngakak, katae heran sama pertanyaanku ke-ajaib-an ku kambuh katanye ahahaha

nah pas udah diambang kegilaan atas pertanyaanku, aku tanya ke bang adi via pesbuk, soalnye kebetulan abang nya lagi onlen :D

sama bang adi pertanyaanku dijawab,
- Kalo cerewet iku gak bisa diem ngomongnya ,, kalo banyak omong itu suka ngegosip gitu -

bisa disimpulin deh dari semua jawaban jawaban diatas,

"bicara" itu ada dua macam,  satu, bicara yang penting bermutu dan berkualitas, dan dua, bicara yang gak penting dalam segala hal

tapi, ada tapi-nya nih, bicara itu lihat tempat, situasi, kondisi, dan tertuju

kenapa ?

karena,
1) tempat, gak mungkin kan kalo ditempat umum kita bicara vulgar ato gak senonoh !! hueee tuh tempat ada makhluk yang semua punya telinga, kalo ada yang denger begimana ? mau taruh mana muka ? dikantongin ? trus buang ke got ? wkwkwk

well, pengalaman pribadi nih dulu kelas sebelas, waktu lagi asik asik baca Jingga dan Senja besutan Esti Kinasih dipojokan belakang kelas
tiba tiba ada ipan, nopal, roman, ganang dateng. ngebatin aduh biang rumpi ngumpul !
akunya nyoba cuek bebek! eh si ipan mulai nanya ke ganang

ipan : nang kamu kalo pake celana kok ketat banget seh gak kasian 'adekmu' ta
ganang : (dasar otaknya belom disapu) gak pan, biasa ae, enak malah

aku mulai risih, tapi masi cuek bebek, dilanjutin nopal nyaut

nopal : eh betewe ukuran 'adekmu'  seberapa ?

aku, huaaatt ? mau bahas apaan nih, mukaku panas lah jelas !! tapi tetep sok gak terpengaruh cuek bebek tembok deh !!

ipan : gak ngerti lah aku, gak pernah ngukur

ganang : lumayan gede, apa lagi potongan khitan di 'adekku' ngebentuk lucu, dewi aje ketagihan

roman : ngomong apaan seh rek, ada mbak tun loh (yang dimaksut ntu aku, ngomongnya sambil cengangas cengenges)

nopal : halah mbak tun udah tau kok udah gede juga, 'adekku' mah segini kalo lagi bangun siaga (sambil ngukur penggaris, yang kebetulan ada didepannya)

hiaaaa aku langsung lompat menjauuh sejauh jauhnya sambil ngomel ngomel, ngomongin apaan seh gak jelas ini sekolahan bukan kopi pangku !! yang ada aku diketawain dasar bangke!!

2) situasi, ya jelas kalo ini mah sumpah gak etis kalo ngomong sembarangan
gak mungkin kan kalo ada di rapat penting eh kita ngomong hal yang gak masuk akal dan gak penting.

3) kondisi, yaiya lah kondisi harus diperhatikan, kalo kalian ada di tempat memprihatinkan kan gak lucu kalo kalian ngoceh gak jelas tentang kalung keluaran terbaru Zara !!

4) nih yang penting tertuju !
maksutnya kepada siapa kita berbicara, gak mungkin dong kalo ke orang yang kita suka kita ngomong terang terangan gak mandi
idiih apa gak jijik coba !

oke, memang berkata jujur apa adanya itu penting tapi ya disaring !!
kalo pas santai sama teman teman terdekat mah masa bodoh, tapi ya tetep saringannya dipake
bukan apa apa, salah salah malah bikin sakit ati, bikin jijik, bikin antipati
kan berabe noh !!

kepanjangan yah sudah ?
terlalu berambisi saya ahahaha

well, all loving you always
thank for read until the and -kiss and bighug-

3 komentar:

  1. Kalo ane sebagai orang crewet ga mau dikatain banyak omong bro

    Menurut saya.
    Cerewet itu adalah sifat dimana tingkat antusias untuk berkomunikasi verbal yang tinggi.
    Banyak omong itu sifat dimana banyak bicara tetapi nggak jelas, yang nggak sesuai dengan apa yang pembicara omongin.

    Karena tingkat antusias berbicara yang tinggi maka perlu sekali pengendalian etika dalam bebicara, memang boleh berbicara ceplas ceplos asal kita juga sadar akan lingkungan, akan lawan bicara, bagaimana situasinya, apakah nyata atau tidak, dll.

    Maka, banyak omong adalah cerwet tanpa etika.
    Jadi nggak semua orang cerewet itu banyak omongnya
    Kami cuma sangat anthusias terhadap sebuah topik, yang kami pikir sangat menarik untuk dibicarakan dengan menggunakan etika berbicara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pemikiran itu
      sangat sangat sangat setuju

      Hapus
  2. koreksi komandan! *Kami cuma ....... dibicarakan, tentunya dengan menggunakan etika berbicara*

    BalasHapus